Pada umumnya gigi bayi mulai tumbuh pada bulan keenam, biasanya diawali dengan benjolan di bawah gusi. Dua gigi depan bagian bawah biasanya mucul terlebih dahulu, lalu segera diikuti dengan dua gigi depan bagian atas.

Saat bayi berusia 1 tahun jumlah gigi berkisar dari 4-8 buah. Gigi akan tumbuh lengkap ketika anak berusia 2 tahun. Gigi geraham yang berfungsi untuk mengunyah makanan merupakan gigi yang terakhir tumbuh. Total gigi susu anak berjumlah 20, 10 di rahang atas dan 10 lagi di rahang bawah.

Tabel pertumbuhan gigi anak

Gambar di atas memperlihatkan urutan tumbuh dan perkiraan usia munculnya gigi tersebut. Namun perlu diingat juga gigi bisa saja tumbuh sebelum bayi berusia 6 bulan atau malah lebih lambat.

Bayi menjadi rewel dan badannya panas saat gigi tumbuh? Bunda tak usah cemas, hal itu wajar saja. Semua itu tergantung dari daya tahan tubuh bayi masing-masing. Gigi yang menembus gusi bisa menimbulkan rasa sakit dan tak nyaman sehingga anak rewel.

Ciri-ciri lain saat anak tumbuh gigi :

– Gusi terasa gatal, sehingga anak sering menggigit-gigit benda yang ada di sekitarnya. Nah, saat ini bunda harus lebih telaten mengawasi anak agar ia tidak sembarang menggigit barang. Lebih baik diberikan teether untuk mengurangi rasa gatal dan sakit.

– Lebih sering keluar liur atau biasa disebut ngeces.

– Gusi kemerahan

– Susah makan

Apa yang harus bunda lakukan?

– Jika demam berlanjut berikan obat penurun panas dan penghilang rasa sakit seperti paracetamol sirup.

– Teether dimasukkan kulkas terlebih dahulu, sehingga saat anak menggigit ada sensasi yang berbeda di mulutnya.

Anak dan teethernya

– Berikan lebih banyak perhatian dan kasih sayang, karena anak cenderung rewel dan minta perhatian lebih.